KEGIATAN PERSAMI SDN PERAK BARAT IV NOMOR 04 SURABAYA - SDN PERAK BARAT IV NOMOR 04
Headlines News :

SDN PERAK BARAT IV /04

HERI
Home » » KEGIATAN PERSAMI SDN PERAK BARAT IV NOMOR 04 SURABAYA

KEGIATAN PERSAMI SDN PERAK BARAT IV NOMOR 04 SURABAYA

Written By sdn on Senin, 05 Mei 2014 | 20.34

 KEGIATAN PERSAMI SDN PERAK BARAT IV NOMOR 04 SURABAYA



-Bikin Siswa Lebih Mandiri

SURABAYA, HERI - Aktivitas di Praja Muda Karana (Pramuka) itu menyenangkan dan menyehatkan. Apalagi saat kegiatan Perkemahan Sabtu Minggu (Persami), anak-anak juga dilatih mandiri dan bekerjasama yang baik.

Menurut Sudomo S.Pd, Pembina Satuan GUDEP  17265 - 17.266 di SDN Perak Barat IV Nomor 04, Kecamatan Krembangan, mengatakan, anak-anak Sekolah Dasar (SD) dengan mengikuti kegiatan Pramuka bisa melatih anak jadi mandiri, tidak tergantung orang lain. ”Anak-anak juga dibekali keterampilan, sehingga jadi lebih terampil. 



Percaya diri bisa ditumbuhkan dengan motivasi yang tinggi. Keceriaan anak-anak bisa muncul, karena ada games yang memerlukan kerjasama tim. Ini berbeda dengan anak-anak yang main PS (Play Station). Mereka hanya duduk main games, dan tidak melibatkan team work, karena lebih banyak sendirian. Ini sangat berbeda saat anak aktif di Pramuka,” ungkap Sudomo  ditemui di area SDN Perak Barat IV Nomor 04, Jumat (14/2) siang.




Menurut Sudomo, kegiatan non formal Pramuka hasilnya tidak bisa dilihat langsung, tapi baru akan terlihat dalam membentuk pribadi anak ketika menjalani kehidupan saat remaja atau dewasa nantinya. ”Jika di sekolah tidak ada ekstrakurikuler Pramuka, saya kira rugi sekali buat siswa itu sendiri. Sekarang ini mulai digalakkan mulai dari kalangan guru wajib pakai seragam Pramuka, minimal seminggu sekali,” ujarnya.


Puncak yang menyenangkan saat pelatihan Pramuka, kata Sudomo, biasanya saat kegiatan Persami maupun Jambore. Seperti yang sering dilaksanakan di SDN Perak Barat IV Nomor 04, Kecamatan Krembangan. Dimana sekolah tersebut sering menggelar Persami di area sekolah. Kegiatan itu untuk menumbuhkan kecintaan anak tentang Pramuka.

Di SD, usia 7–10 tahun anak-anak masuk golongan Siaga, 11-12 tahun golongan Penggalang. Harapan Sudomo, dengan melaksanakan kegiatan Persami, anak-anak akan lebih giat berlatih 




Pramuka dan semakin mencintai Pramuka. Program Persami bisa diupayakan pihak sekolah setiap semester, atau minimal setahun sekali. “Alhamdulillah siswa siswi di sekolah kita antusias mengikuti kegiatan Pramuka,” pungkas pria alumni STIBA  Kampus BIM Surabaya ini.

Sementara itu, Titis, seorang anggota Pramuka penggalang di SDN Perak Barat IV Nomor 04, mengaku senang mengikuti kegiatan Pramuka. Menurut dia, pramuka membuatnya jadi tambah pengetahuan dan teman-teman. “Senang, soalnya jadi banyak teman,” singkat Titis kelas 5 Regu sakura. (cr2)








Share this article :

1 komentar:

  1. Kalian ingin merencanakan kegiatan camping / hiking, kami menyediakan banyak perlengkapan Camping - Hiking untuk di sewakan.

    Tenda dome isi 3-4 orang
    Carrier 60lt/80lt + Cover
    Tenda pramuka isi 10 orang
    Sleeping Bag (dacron/pollar)
    Nesting TNI
    Kompor portable
    Headlamp (LED)
    Lentera tenda (LED)
    EggHolder isi 12
    Flysheet
    Matras

    Info harga bisa di cek di Puncak Petualang No.1 di Sidoarjo

    Lokasi   : P. Sidokare Asri QQ.2, Sidoarjo - Jawa Timur
    SMS/WA  : 08563430171

    BalasHapus

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. SDN PERAK BARAT IV NOMOR 04 - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template